--> Skip to main content

Cara Konfigurasi HAServer Pada Proxmox || Membangun jaringan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam dan Bahagia

A. Pendahuluan
    Pada kali ini saya akan membagikan sedikit tutorial yaitu bagaimana sih cara mengkonfigurasi HAServer pada proxmox, nah langsung saja dibaca dan dipahami.

B. Latar Belakang
Minimnya teman-teman belum mengerti tentang HAServer pada Proxmox.

C. Maksud Dan Tujuan
      Agar Ketika Salah Satu Server Proxmox Mati atau mengalami Problem, Maka VM yang ada diserver akan secara otomatis terBackup dan pindah ke Server satunya.

D. Jangka Waktu yang Dibutuhkan
        50 Menit.

E. ALat Dan Bahan
        Laptop.
        Server.

F. Pembahasan Atau Langkah Kerja
   Sebelum memulainya, mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu High Availability (HA) dan Disaster Recovery (DR). Setiap user sudah pasti menginginkan bahwa server yang mereka akses selalu dalam keadaan Available agar dapat mereka manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mereka misalkan untuk mengolah data transaksi pada sebuah Bank. Dapat dibayangkan apabila sebuah Bank yang telah memiliki ratusan cabang yang tersebar di seluruh Nusantara dan memiliki ribuan jaringan ATM tiba-tiba tidak Available (Down). Tentunya seluruh nasabah pada Bank itu akan kehilangan kepercayaan yang mengakibatkan bencana berdampak menyeluruh pada Bank tersebut.

Oleh karena itu, diciptakanlah sebuah sistem High Availability untuk menjamin agar sebuah layanan data dapat selalu Available untuk dapat menjamin Business Continuity pada perusahaan tersebut. Berbagai macam konsep digunakan oleh masing-masing vendor yang menyediakan sistem HA, mulai dari Sistem Otomasi, hingga menggunakan beberapa physical server yang bekerja bersamaan dalam melayani data ataupun mengeksekusi aplikasi server side untuk menjamin availability dari service tersebut.

Nah Akan Tetapi saya akan menerapkan konsep Tersebut pada Server Proxmox, nah bagaimana cara mengkonfigurasinya?, Oke Langsung saja.
Langkah Pertama yang harus dilakukan adalah, meremot Server Proxmox Terlebih dahulu
Sebelumnya Kita harus membuat Grup Terlebih dahulu, grub ini berfungsi yang nantinya ketika server down maka akan diarhakan kemana, untuk konfigurasinya seperti ini :
Masuk ke tab "datacenter".
Setelah itu Klik tab "Group".
Dan Klik "Create".


Maka kan Muncul seperti ini:
Nah Dibagian ID Berikan nama Sesuka Kalian.
Setelah itu Centang semua Server Proxmox.
Kemudian Klik "Create".


Langkah Selanjutnya yaitu kita buat HAServer Nya, caranya Sebagai Berikut :
MAsuk Ke tab "HA".
Dan Klik "add".


Maka Akan Muncul Seperti ini :
Nah dibagian Server Pilih VM atau CT yang akan dijadikan Sebagai Node.
Setelah itu Dibagian Group Pilih "Server".
Kemudian Klik Add.


Jika Selesai maka akan muncul seperti ini :


G. Referensi
      http://monalisagentur.blogspot.com/2015/04/apa-itu-ha-server.html

Sekian yang sapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun tatabahasa, sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
     
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar