--> Skip to main content

Cara Konfigurasi SSH Server Debian 8

Cara Konfigurasi SSH Server

Assalamu'alikum Wr.Wb
Salam Dan Bahagia



     Kali ini saya akan memberikan tutorial Bagaimana cara konfigurasi SSH Server di Debian 8, Langsung saja dibaca dan dipahami

Mari Mengenal Apa Itu SSH?
   
Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing . Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.

Lngsung saja ke tahap tutorial  :

    Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke server terlebih dahulu sebagai root, setelah itu install ssh dengan cara :

apt-get install openssh-server


Setelah Selesai Kalian Kalian Dapat Merubah Port SSH dengan cara

nano /etc/ssh/sshd_config


Kemudian Kalian Dapat Merubah Port ssh dibagian tanda Kotak Merah, Untuk Save Tekan Ctrl+X >> Y >> Enter


Nah Jika Selesai Untuk cara meremot kalian dapat menggunakan software putty ( untuk pengguna windows ),  untuk yang menggunakan kalian dapat meremot dengan menggunakan terminal  linux dengan cara sebagai berikut.

ssh -p22 [ User ]@[IpServer]

Contoh :

ssh -p22 zaenferdiansyah@192.168.10.1

Setelah itu masukkan Password Linux anda dan Enter, Jika Muncul seperti ini Tandanya Berhasil



     Jadi SSH sangatlah Penting dalam sebuah server, untuk cara konfigurasi kalian harus teliti dan mengerti perintah dasar linux

Sekian Yang dapat saya sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan dalam tulisan maupun tata bahasa, sekian dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar