--> Skip to main content

Cara Menghubungkan 2 Server Fisik Proxmox Menggunakan Cluster

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Dan Bahagia

A. Pendahuluan
      Pada kali ini saya akan membagikan sedikit tutorial yaitu bagaimana sih cara menghubungkan 2 server fisik Proxmox, nah langsung saja dibaca dan dipahami serta dipraktikkan ya.

B. Latar Belakang
    Latar belakang saya adalah untuk menggabungkan/melakukan menejemen terpusat dari banyak server fisik. Jadi maksudnya jika server 1 mendapatkan masalah atau trouble server 1 nya lagi bisa langsung menangkap data. jadi tidak akan kehilangan data sama sekali.

C. Maksud Dan Tujuan
       Agar Memudahkan Untuk Mengontrol Server fisik lainnya tanpa harus meremot satu persatu, hanya meremot salah satu server saja.

D. Alat dan bahan
      2 Server Proxmox.
      Laptop.
      Kabel Lan.

E. Jangka Waktu yang dibutuhkan
       40 Menit.

F. Pembahasan atau Langkah Kerja
Proxmox VE Cluster memungkinkan untuk melakukan menajemen terpusat dari banyak server fisik dalam hal ini server proxmox. Proxmox VE Cluster terdiri dari minimal satu master cluster dan beberapa node (Minimal satu cluster satu node). Adapun manfaat yang utama dalam Proxmox Cluster Adalah :

  1. Manajemen terpusat melalui web.
  2. satu login dan password untuk mengakses semua node dan guest 
  3. Console dapat melihat semua Cirtual Machines
  4. Melakukan migrasi dari Virtual Machine antara berbagai mesin yang secara fisik berbeda
  5. Sinkronisasi Virtual Appliance Template Store
Oke langsung saja ke tahap konfigurasi :

Nah Langkah Pertama yang harus dilakukan adalah, remote kedua server proxmox kalian, nah disini saya menggunakan 2 server fisik proxmox.
Masuk ke salah satu server proxmox, untuk meng cluster server silahkan masuk ke bagian "Datacenter" Setelah itu klik tab "cluster".
Setelah itu "Create Cluster".


Nah Maka akan Muncul seperti ini, Silahkan Isi nama Cluster terserah kalian, disini saya memberikan nama yaitu "sambung".
Setelah itu langsung klik Create


Maka Proses akan berjalan.


Oke setelah proses selesai maka akan muncul seperti ini dibagian tab "DataCenter".


Untuk mnghubungkan agar kedua server fisik ini dapat saling terkoneksi, kita harus ambil script cluster, caranya seprti ini :
Silahkan klik "Join Cluster"


Nah Setelah itu Klik "Copy Information".


Oke, selanjutnya kalian masuk ke server satunya dan juga masuk ke bagian cluster, akan tetapi yang di klik adalah "join Cluster".


Setelah itu pastekan dibagian atas sendiri, maka secara otomatis akan muncul IP nya, dan silahkan isi password proxmox yang pertama, Setelah itu klik "Join".


Maka Proses akan Berjalan.


Nah Sampai Disini konfigurasi Selesai, Untuk mengetahui apakah konfigurasu berhasil atau tidak maka akan terlihat dibagian tab "Data Center" Seperti ini:



G. Kesimpulan
       Dengan Menggunakan Cluster Ini kita dapat memantau atau beberapa server dalam satu server fisix saja, dan juga kita bisa mengatasi jika ada problem pada server fisik satunya.

H. Referensi
      rahmaadi.com

Sekian yang dapt saya sampikan mohonmaaf bila ada kesalahan dalam penulisanmaupun tatabahasa, sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar