--> Skip to main content

Konfigurasi Hotspot Mikrotik || Membangun Sistem Jaringan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Dan Bahagia

A. Pendahuluan
      Pada kali ini saya akan membagikan sedikit tutorial yaitu mengkonfigurasi Hotspot Mikrotik, Nah yang dimana Hotspot ini akan di terapkan di sekolah, Terutama di sekolah saya, langsung saja dibaca dan dipahami

B. Latar Belakang
      Saya msaih melihat di beberapa sekolah terutama sekolah saya yang belum memiliki fasilitas Hotspot Sekolah, sehingga saya Beriinisiatif Untuk Membuat Hotspot Mikrotik Ini

C. Maksud Dan Tujuan
      Agar Tidak sembarang orang atau bukan siswa dari sekolah yang dapat menggunakan Hotspot sekolah

D. Alat Dan Bahan
      Laptop
      Winbox
      Mikrotik

E. Jangka Waktu yang dibutuhkan
     30 Menit

F. Langkah Kerja
     Nah disini saya mengambil sumber internet melalui wireless sehinngga yang saya lakukan terlebih dahulu adalah menembak sinyak wifi sekolah yang nantinya akan digunakan sebagai sumber internet dari mikrotik ini,untuk membuat hotspot kita harus menggunakan Virtual AP yang sudah tersedia di Mikrotiknya sendiri, nah langka selanjutnya adalah
Klik dua kali pada "Wlan2"
Setelah itu Dibagian Mode pilih "ap bridge"
kemudian SSID Tuliskan ssid wifi yang akan digunakan, disini saya menggunakan SSID nama sekolah saya
Setelah itu klik "apply" dan "ok"


Kemudian langka selanjutnya klik "IP" >> "Hotspot"


Setelah itu Pilih "Servers"
Selanjutnya Klik "Hotspot Setup"
Dibagian HotSpot interface pilih "wlan2" karena Wlan2 inilah yang nantinya kita buat Hotspot


klik "Next"


Pilih "Next"


Nah Dibagian DNS Name Ini buat DNS name untuk url login ke mikrotik


Oke langka selanjutnya kita buat fitur free login, yang dimana user nanti tidak harus menggunakan username dan password unutk menikmaati Akses Internet, user bisa menggunakan layanan Freelogin akan tetapi hanya diberikan Waktu 30menit saja, Untuk cara konfigurasi seperti ini
Masuk ke Hotspot dan pilih tab "Server Profile"
Setelah itu dubagian hsprof1 klik 2 kali
kemudian masuk ke tab "login"
Dan Dibagian "cookie" hilangkan tanda centang dan
di bagian "Trial" centang
setelah itu klik "apply" dan "Ok"


Nah Konfigurasi hotspot Mikrotik Selesai
Gimana Mudah bukan?

G. Kesimpulan
     Dalam konfigurasi Hotspot Mikrotik Ini sangatlah mudah jika paham dan mengerti

H. Referensi
   Mikrotik.com
   Mikrotik.co.id

Sekian yang dapat saya sampaikan. mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupu tatabasa, sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar