--> Skip to main content

Cara Limit Bandwidth User Mikrotik || Membangun Jaringan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Dan Bahagia

A. Pendahuluan
      Pada kali ini saya akan membagikan Sedikit tutorial nih, bagaimana sih cara Limit bandwidth Setiap User Hotspot Pada Mikrotik, Nah Langsung saja Dibaca dan Dipahami, Serta Dipraktikkan

B. Latar Belakang 
      Masih ada sebagian Yang Belum mengerti tentang bagaimana sih cara limit bandwidth pada Setiap User Mikrotik yang Dibuat

C. Maksud Dan Tujuan
      Agar Nantinya User 1 dengan User lainnya memiliki kecepatan yang Berbeda

D. Alat dan Bahan
      Laptop
      Mikrotik
      Kabel UTP

E. Jangka Waktu yang Dibutuhkan
      20 Menit

F. Langkah Kerja
      Nah Langkah Pertama Yang Harus kalian Lakukan Adalah pastika kalian sudah mengkonfigurasi Hotspot anda sebagai AP, Nah Setelah Itu Buat 2 User baru, disini saya membuat dua user yaitu User siswa dan User Untuk Guru, yang nantinya kecepatan Internet dari User siswa antar User Guru berbeda,
Oke langsung saja ke tahap Konfigurasi
Nah Sebelumnya Kita Cek terlebih dahulu Kecepatan Internet Yang kita gunakan, jadi ketika nanti melimit bandwidth jangan sampai melebihi kecepatan bandwidth yang digunakan, nah disini terlihat bahwa kecepatan internet yang saya gunakan adalab 6 Mb/s


Nah Setelah Itu kita limit bandwidth tiap User nya, Disini saya akan melimit bandwidth dari User Siswa yang dimana User siswa ini hanya mendapatkan kecepatan 512kb, Untuk caranya Sebagai berikut :
masuk ke  Hotspot
Pilih tab "User Profile"
Setelah itu Klik 2 kali pada User Siswa
Nah setelah itu berikan nama disini saya memberikan nama "siswa"
Setelah Itu Tentukan Bandwidth disini saya hanya mengasih 512kb


Oke setelah itu masuk ke tab "user"
Dan klik 2 kali pada user siswa
kemudian dibagian profile pilih siswa, karena tadi kita memberikan nama siswa


Nah Lakukan hal yang sama pada User selanjutnya, disini Untuk user Guru saya berikan sampai 1Mb
Jadi ketika di test speed maka akan seperti ini :
User Siswa :


User Guru :


Nah Sudah Terlihat Bukan Perbedaannya?

G. Kesimpulan
      Nah dengan melimit bandwidth ini kita bisa mengontrol kecepatan tiap user Mikrotik

H. Referensi
      Mikrotik.co.id

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun tatabahasa, sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar