--> Skip to main content

PHP OOP Part 4 : Mengenal Enkapsulasi (Public , Private ) Pada OOP


       Nah Sebelumnya Apasih Enkapsulasi? Enkapsulasi adalah salah satu yang terpenting di dalam pemrograman berorientasi objek. karena enkapsulasi ini lah yang menentukan pemberian hak akses pada setiap property atau method. enkapsulasi  pada OOP terdiri dari 2. yaitu : Public, dan Private.
Enkapsulasi Public, dan Private
Untuk dapat memberikan hak akses pada method dan property pada sebuah class, di OOP terdapat 2 teknik yaitu, public, dan privat. dan akan kita jelaskan satu persatu. di mulai dengan hak akses public.

Akses Public
Jika sebuah method dan property menggunakan public, maka method dan property tersebut dapat di akses dari luar atau dari dalam class tersebut. perlu di ketahui, pada method dan property yang tidak di tetapkan hak aksesnya menggunakan public, private dan protected, maka hak akses pada method atau property tersebut adalah secara default menjadi public. seperti penulisan oop yang kita pelajari sebelumnya.
Contoh penggunaan hak akses public :


Dan jika dilihat maka akan seperti ini :


Terdapat property dan method yang ditetapkan public. Property dan method tersebut juga dapat diakses di dalam atau diluar class sekaligus.
Akses Privat
Hak akses terakhir dalam konsep enkapsulasi adalah private. Jika sebuah property atau method di-set sebagai private, maka satu-satunya yang bisa mengakses adalah class itu sendiri. Class lain tidak bisa mengaksesnya, termasuk class turunan. Contoh :


Dan Jika Dilihat Melalui web Browser akan Seperti ini :

Jika $mahasiswa->tampi_nama() sobat ganti dengan $mahasiswa_nama maka yang akan muncul adalah Fatal error: Uncaught Error: Cannot access private property mahasiswa::$nama in ~ . Error itu terjadi karena sobat mengakses method yang berproperty private di luar class.

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun tatabahasa, sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar