--> Skip to main content

Codeigniter Part 1 : Mengenal Codeigniter dan Cara Menggunakan Codeigniter

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Dan Bahagia


A. Pendahuluan
       Pada kali ini saya akan membagikan tentang Apasih Codeigniter itu? dan bagaimana cara menggunakannya?, Nah langsung saja dibaca dan dipahami.

B. Latar Belakang
       Latar Belakang saya Mengenal Codeigniter adalah Mempermudah ketika membuat suatu aplikasi Berbasis Web Yang Menggunakan PHP.

C. Maksud Dan Tujuan
       Agar dapat mengetahui dan dapat mengunakan Framework CodeIgniter.

D. Jangka Waktu yang dibutuhkan
       3 Jam Untuk Memahami

E. ALat Dan Bahan
       Laptop
       Teks Editor
       Browser

F. Pembahasan
     Oke Sebelumnya, apasih Framework Itu? Framework adalah kumpulan intruksi-intruksi yang di kumpulkan dalam class dan function-function dengan fungsi masingmasing untuk memudahkan developer dalam pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax program yang sama berulangulang.
Hal ini memiliki kegunaan untuk menghemat waktu dan mencegah penulisan syntax secara berulang-ulang agar tercipta nya source code yang bersih dan terstruktur.

Nah lalu Apa itu Codeigniter? Codeigniter adalah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). codeigniter bersifat free alias tidak berbayar jika anda menggunakannya. framework codeigniter di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuat nya dari awal.

Hal ini ditunjukan agar mempercepat pembuatan dan mencegah penulisan syntax yang berulang. CodeIgniter adalah salah satu contoh framework php yang bersifat opensource. dan mengunakan metode MVC ( Model, View, Controller ).

MVC adalah teknik untuk memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yaitu model, view, dan controller.
  • Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. sepertimisalnya mengambil data dari database, menginput dan pengolahan database lainnya. semua intruksi yangberhubung dengan pengolahan database di letakkan di dalam model.
  • View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user. tampilan dari user interface di kumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
  • Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi.

Kelebihan dari CodeIgniter :
  • Syntax yang terstruktur
  • Fasilitas library dan helper
  • Keamanan
Lalu bagaimana cara menggunakannya? 
Untuk cara menggunakannya kalian download terlebih dahulu Codeigniter melalui Web Resminya Codeigniter , Nah Setelah itu Ekstrak file yang sudah didownload tadi,
Kemudian Letakkan file hasil ekstrakkan ke folder root
Setelah itu Rename Menjadi "Codeigniter"
Dan Kemudia Berikan hak akses terlebih dahulu,Caranya Sebagai berikut :
#chmod -R 755 codeigniter
Nah Setelah itu Ketikka dibrowser
localhost/codeigniter


Jika berhasil maka akan muncul seperti ini :


G. Kesimpulan
      CodeIgniter adalah Framework PHP yang digunakan untuk mepermudah pekerjaan web devolopment untuk membangun Website.

H. Referensi
      malasngoding.com

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun tatabahasa, sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar