--> Skip to main content

Cara Install Ajenti Di Debian 8 | Debian Server


Ajenti? Apa itu Ajenti ? Ajenti Merupakan open source tools yang berfungsi sebagai sistem manajemen control panel berbasis web untuk mengelola dan monitoring  server berbasis Linux yang berlisensi open source, Nah sampai disini paham tentang pengertian Ajenti Sendiri?

Ajenti ini dapat digunakan sebagai konfigurasi server dengan tampilan yang lebih mudah serta ajenti ini dapat digunakan sebagai Memonitoring software dan service pada server seperti Apache2, Firewall, FTP ( File Transfer Protokol ), squid Proxy dan masih banyak lagi.

Nah disetiap program atau aplikasi pasti memiliki fitur-fitur yang ditawarkan oleh pembuatnya, Lalu apa sajakah fitur Ajenti ini?
Berikut Fitur yang tersedia di ajenti :

  • Firewall
  • File Manager
  • NGINX
  • Terminal
  • Web Hosting Management
  • Dan masih banyak lagi
Oke kembali ke topik kita awal yaitu cara install Ajenti pada debian 8, untuk cara install Ajenti ini bisa dibilang Sangat mudah dan bisa juga dibilang agak mudah wkwk, nah sebelum install ajenti ini pastikan kalian sudah mempersiapkan server debian terlebih dahulu yang sudah diinstall, bagi kalian yang belum mengerti tentang cara install debian silahkan klik DISINI Untuk tutorial cara install debian 8, Jika sudah persyaratan kedua yaitu pastikan server sudah terkoneksi dengan Internet serta sudah dilakukan konfigurasi atau penambahan Repository Untuk caranya bisa klik DISINI.

Nah jika sudah dipersiapkan langsung kita ke tahap install Ajenti 
Langkah pertama silahkan kalian login terlebih dahulu ke server anda, setelah itu kita install Curl Terlebih dahulu, caranya sebagai berikut
#apt-get install curl
Setelah itu Enter maka akan muncul seperti ini jika Penginstalan Curl sudah selesai

Proses install curl
Instalasi Curl

Selanjutnya kita ambil file master ajenti dari salah satu github yang sudah tersedia menggunakan link filenya, silahkan ketikkan seperti ini :
#curl https://raw.githubusercontent.com/ajenti/ajenti/master/scripts/install.sh | bash -s -
Jika sudah silahkan Enter maka secara otomatis akan mendownload file dan melakukan penginstallan secara otomatis

Proses Download File master Ajenti

Silahkan tunggu sampai proses Download dan install selesai, dalam proses ini sedikit lama jika kalian tunggu wkwk, maka dari itu kalian bisa ngopi-ngopi terlebih dahulu sembari menunggu installasi selesai.


Jika proses instalasi selesai silahkan kalian cek ip server kalian terlebih dahulu menggunakan perintah
#ifconfig
Setelah itu kalian buka browser kalian dan ketikkan dibrowser seperti ini
ipserver:8000 jadi 192.168.43.48:8000



Lalu Enter, jika berhasil maka akan muncul form login Ajenti seperti ini


Untuk login ke panel ajenti menggunakan username dan password server kalian, jika berhasil maka akan seperti ini


Nah bagaimana mudah bukan? sampai disini dulu tutorial hari ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar