--> Skip to main content

Cara Membuat VM ( Virtual Machine ) Baru Di Proxmox || Membangun Jaringan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Dan Bahagia



Pendahuluan
       Pada kali ini saya akan melanjutkan Untuk membangun Jaringan Sekolah,dan Pada Hari ini saya akan membagikan nih sedikit tutorial cara membuat VM Baru Di Proxmox.

 Nah Sebelumnya apasih VM itu? VM Merupakan suatu program perangkat lunak atau sistem operasi yang tidak hanya menunjukkan perilaku komputer yang terpisah, tetapi juga mampu melakukan tugas-tugas seperti menjalankan aplikasi dan program seperti komputer yang terpisah.

Maksud Dan Tujuan
       Agar dengan satu buah server kita dapat menggunakan secara bersama apabila kita kekurangan perangkat, tetapi juga tetap memperhatikan spesifikasi server kita.

Jangka Waktu yang Dibutuhkan
        20 Menit

Alat Dan Bahan
        Laptop
        Server ( Sudah Terinstall Proxmox )

Langkah Kerja / Pembahasan
     Oke langsung saja ke tahap Cara Pembuatan VM Baru Diproxmox, Nah Langkah Pertama yang harus di lakukan adalah Remot Server Anda Dan Silahkan Masuk ke proxmox melalui Web Browser Setelah itu kita akan Buat VM Baru.

Nah Langkah Selanjutnya adalah cari dibagian Pojok Kanan Atas dan Klik Tombol Yang Bertuliskan "Create VM".


Selanjutnya akan muncul seperti ini, silahkan berikan nama VM yang mau kalian buat, setelah Itu Klik "Next".




Selanjutnya akan Dibawa Ke tab "OS" Berhubung saya mau menginstall OS yang Bertipe LINUX jadi saya Memilih Yang " Linux 4.X/3.X/2.6 Kernel" Jika Kalian Mau INstall Yang Bertipe Windows silahkan Pilih Windows, Jika Selesai Klik "Next".





Oke Setlah itu Kita Pilih Kita mau install Lewat Media DVD atau Lewat File ISO, Nah Disini saya Menginstall Menggunakan file ISO jadi saya memilih File Iso Dan Iso Debian Yang akan saya Install, Setelah itu klik "Next".





Nah Selanjutnya KIta akan dibawa ke tab "Hard Disk" dan silahkan tentukan Hardisk Jangan sampai melawati kapasitas hardisk yang Tersedia Di server kalian ya , Setelah itu klik "Next".




Kemudian Pilih CPU, Dsini lansung saja klik "Next".




Kemudian kita tentukan Seberapa besar Memory yang akan Kita pakai, disini saya memakai Memory 2GB setelah itu Klik "Next".




Dibagian Network klik "Next" saja.




Nah Dibagian Confirm Ini merupakan rincian apa yang sudah kita tentukan lagi, jadi langsung saja klik "Next".

Nah Pembuatan VM Baru Telah Selesai, jika Berhasil maka di bagian "Datacenter" maka akan muncul Vm Baru yang sudah kalian buat tadi.

     Virtual Machine atau VM dapat mengimplementasikan perangkat lunak layak nya menjalankan di perngkat aslinya.

Sekian yang dapat saya sampaikan mohon Maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun tatabahasa, sekian dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar